Monday

Sewa e-voting, banyak manfaatnya!


Alat Voting, Voting Pad, kini juga banyak disebut sebagai e-voting. E-Voting sendiri mengacu pada Electronic Voting, yaitu penggunaan alat voting dengan sistem elektronik, dimana perangkat elektronik, bernama alat voting dipadukan dengan sebuah sistem teknologi informasi, digunakan untuk proses election atau pemilihan.

Berbeda dengan e-voting yang menggunakan touch screen, dimana setiap calon pemilih harus maju ke arah dimana touch screen diletakkan, alat voting yang kami sewakan diberikan secara personal kepada calon pemilih satu per satu. Proses pembagian alat voting ini bisa dilakukan sebelum proses pemilihan berlangsung, dimana 1 alat hanya dapat memberikan satu suara pada waktu yang telah ditentukan.

Misalnya saja, dalam sebuah rapat kerja nasional sebuah organisasi, sebut saja organisasi XXX, akan dilangsungkan pemilihan ketua-nya yang baru. Seluruh anggota organisasi yang mengikuti acara rapat kerja tersebut, sudah teregistrasi dan melakukan registrasi ulang ketika proses pemilihan akan dimulai, bersamaan dengan proses registrasi, maka, alat voting akan dibagikan satu per satu. Usai dibagikan peserta masuk ke dalam area pemilihan, dimana seluruh peserta berkumpul. Mereka yang tidak mendapatkan alat voting, berarti tidak terdaftar sebagai pemilih atau tidak mempunyai hak pilih.

Singkatnya, proses pemilihan pun dimulai, moderator atau pembawa acara akan memandu proses pemilihan. Proses pemilihan akan dilakukan dengan menggunakan sebuah media visual, berupa screen berukuran besar, sehingga seluruh calon pemilih dapat melihat satu per satu calon ketua umum. Acara diawali dengan preview sekilas di screen, tentang calon A, calon B, calon C dan calon D. Tak lama, pada layar visual akan tergambarkan 1 halaman yang memuat photo calon A, calon B, calon C dan calon D.

Dalam waktu yang telah ditentukan, misalnya selama 5 menit, para pemilih akan menekan tombol A, B, C atau D, sesuai dengan pilihan mereka. Selama waktu berjalan, masih terbuka kemungkinan untuk dilakukan perubahan, jika memang pemilih merasa bahwa ia harus memilih calon ketua yang lain. Waktu 5 menit tadi, merupakan gambaran saja, biasanya, waktu untuk pemilih menekan tombol pada alat voting, hanya diberikan selama 1 menit untuk menghindari lobby yang mengarah pada kecurangan. Ketika waktu sudah habis, meskipun peserta menekan tombol dan berharap suaranya dapat berubah, sistem sudah menutup diri, sehingga perubahan tidak dapat dilakukan.

Usai proses pemilihan selesai, dalam hitungan menit, sistem pendukung dari alat voting ini akan melakukan rekapitulasi hasil dari proses pemilihan, bisa berupa prosentase ataupun jumlah angka pasti berapa banyak suara untuk setiap calon ketua. Hitungan menit tadi, sudah termasuk dengan hasil yang bisa dipertanggungjawabkan, berupa print-out rekapitulasi hasil pemilihan. Singkatnya, alat voting sangat bermanfaat untuk menciptakan efisiensi waktu dan biaya untuk sebuah proses pemilihan ketua di organisasi anda. Tidak perlu lagi menghitung bersama - sama sampai larut malam untuk mengetahui siapa yang terpilih sebagai ketua. Hanya dalam hitungan menit plus sebuah data yang bisa dipertanggungjawabkan, sudah anda dapatkan.

Untuk penggunaan alat voting, voting pad, e-voting wireless, silahkan hubungi kami di 021-7867717, atau diskusikan langsung kebutuhan anda akan alat voting ini dan kreasikan dengan berbagai macam content, melalui creative conceptor kami di 087772467968.

No comments:

Post a Comment