Monday

Feedback dari pengunjung pameran, untuk perbaikan acara!


Sebuah lembaga konsultasi pendidikan mancanegara mengadakan sebuah exhibition yang dipusatkan di salah satu hotel berbintang lima di Jakarta, mereka sudah terbiasa mengadakan acara serupa, dimana, disamping untuk mempromosikan beberapa universitas yang menjadi rekanan, juga untuk menjaring calon mahasiswa Indonesia dan membantunya hingga sampai kuliah di universitas yang dimaksud. Tapi, ada pemandangan yang berbeda dari ajang pameran kali ini. Sesaat sebelum meninggalkan area pameran, sebelum pintu keluar, terdapat sebuah ruangan kecil dengan satu unit LCD TV dan beberapa bangku yang sengaja disiapkan. Apa sih yang mereka lakukan?

Menurut salah satu anggota kepanitiaan pameran yang berasal dari lembaga tersebut, mereka ingin mendapatkan feedback dari para pengunjung pameran akan pelaksanaan pameran, apakah ada hal - hal yang kurang dari persiapannya, disamping itu, mereka juga ingin mengetahui, sebenarnya maksud dari kunjungan mereka ke pameran seperti ini apa, apa yang mereka inginkan namun belum terpenuhi pada pameran pendidikan ini, sehingga hal ini akan menjadi acuan untuk pelaksanaan pameran pada periode yang akan datang.

Wow! Amazing! Sangat luar biasa! Mereka menggunakan voting pad atau alat voting untuk mendapatkan respon dari pengunjung pameran. Pertanyaan yang diajukan seputar pelaksanaan pameran, apa tujuan audiences datang, tingkat kepuasan, sampai bidang pendidikan apa yang diharapkan ada pada pameran. 10 soal dengan durasi waktu nggak lebih dari 5 menit itu, dijawab peserta, dengan menekan tombol yang ada di alat voting. Sebagai daya tarik, audiences mendapatkan sebuah souvenir dan tambahan nomor undian yang akan diundi pada akhir periode pameran, dan sebagai nilai tambahnya, penyelenggara juga mendapatkan informasi database para pengunjung mulai dari nama, alamat, nomor telp, alamat email, hingga nomor handphone, well, at least data tadi masih bisa diolah untuk dijadikan sebagai target market potensial yang sewaktu - waktu dapat di prospek.

Ide untuk menggunakan voting pad ini muncul setelah mereka memiliki ide untuk melakukan survey pada saat acara pameran berlangsung, awalnya, mereka ingin mengadakan survey secara manual dengan kertas yang ditulis soal dan peserta tinggal menjawabnya, namun pada periode pameran yang lalu, ternyata, pengunjung pameran terlihat tidak antusias, beberapa menyatakan permohonan maaf tidak dapat mengisi karena terburu - buru, dan alasan klasik lainnya. Ternyata, dengan penggunaan sebuah alat yang dianggap baru, mereka memiliki rasa penasaran untuk mencoba, sehingga survey berjalan dengan baik dan lancar.

Nah, jika anda juga ingin mendapatkan feedback sebagai bahan masukan, agar acara anda, berjalan lebih baik, dan dapat mengetahui keinginan audiences anda di acara pameran atau acara apapun, gunakan saja voting pad dengan menghubungi kami di 021-7867717 atau dengan salah satu nomor yang tertera pada bagian atas website ini. Kami siap untuk memberikan masukan akan penggunaan alat voting yang ideal sesuai dengan tujuan yang anda harapkan.

No comments:

Post a Comment