Monday

Cara Membuka Presentasi



Merasa grogi, demam panggung, sampai - sampai lupa pada kalimat yang sudah dilatih berkali - kali sebelumnya :) Itulah yang kebanyakan terjadi saat presentasi akan dimulai. Sebagai presenter, orang yang akan mempresentasikannya, kadang semua hal yang sudah dilatih sebelumnya, mendadak hilang dari daftar yang akan kita sampaikan dari pikiran kita, karena saat itu, pikiran kita sudah tidak mampu bekerja dengan baik, karena perasaan takut dan khawatir yang berlebihan. Padahal, untuk jadinya membuat presentasi yang luar biasa, yang diperlukan adalah 30 detik pertama. 

Yes! ini sih bukan teori resmi dan valid, tapi 30 detik pertama saat kita membuka presentasi, akan menentukan bagaimana presentasi itu selanjutnya. Salah satu yang dilakukan oleh client kami, rasanya sangat berharga untuk kami share pada artikel kali ini, yang membuat kami jadinya melihat, bahwa, ada banyak hal sederhana yang bisa dilakukan pada 30 detik pertama yang akan membuat rasa percaya diri naik, respon dari audiences
langsung terfokus dan menentukan bagaimana kalian bersikap pada presentasi berikutnya.

Yang dilakukan client kami pada waktu itu adalah, naik ke atas panggung. Diam sejenak, lalu mengucapkan salam pembuka dan memperkenalkan diri. Dia langsung mengklik clickers-nya dan keluarlah slide pertama. Slide itu adalah sebuah pertanyaan, Untuk apa kita ada disini ? Dan dia langsung melontarkan pertanyaan itu ke audiences, dan nggak nyangka aja, beberapa diantara audiences, tersenyum tipis, percakapan di kepala audiences, "ini orang aneh banget ya.. sudah tahu kita ada disini untuk mendengarkan presentasinya dia." Client kami tadi, langsung melanjutkan dengan kenapa pertanyaan ini sangat penting saya ajukan ? karena... dan keluarlah beberapa penjelasan, dan singkatnya, jawabannya adalah, saya pengen ngecek sebenarnya, apakah tujuan saya dan tujuan bapak ibu yang ada disini sama atau nggak? Kalau sama, maka saya bisa lanjutkan presentasi ini, tapi kalau nggak, saya mau pulang aja :) 

Point diatas akhirnya membuat sebuah kesimpulan, yaitu, untuk membuka sebuah presentasi, akan sangat baik kalau kita mengawalinya dengan sebuah interaksi. Antara presenter dan audiences, terjalin komunikasi dua arah, dimana audiences merasa penting untuk memperhatikan presenter, dan presenter, merasakan percaya diri, karena dia mendapatkan respon dari audiences. Udah sih itu aja yang mau kami share di artikel ini, hahahaha...semoga berfaedah :) 



No comments:

Post a Comment