Monday

Menyamakan Persepsi, Demi Suksesnya Perusahaan


Beberapa kali kami mendukung acara meeting perusahaan nasional, termasuk meeting dengan pembahasan mengenai mengenai hal - hal yang sifatnya strategic. Membahas tentang bagaimana target jangka panjang perusahaan, bagaimana dengan pengembangan produk dari perusahaan dan hal - hal lain yang sifatnya merupakan gambaran sesuatu yang akan mereka dapatkan di masa yang akan datang. Apa yang akan mereka lakukan untuk mendapatkan hasil di masa yang akan datang, juga dibahas pada meeting strategic meeting ini, beberapa diantaranya difasilitasi oleh perusahaan konsultan atau coaching yang bekerjasama dengan perusahaan tersebut. Semua hal - hal ini, dilakukan, agar direksi dan management dari perusahaan mengetahui secara jelas apa tujuan mereka, dan bagaimana mereka akan bersama - sama bergerak menuju arah yang sama. 

Hal - hal tadi dibahas bersama - sama, diawali dengan pemaparan mengenai kondisi yang terjadi sepanjang satu tahun kemarin. Dan mulailah dilanjutkan dengan apa yang sebenarnya direksi dan management harapkan dari perusahaan untuk dicapai selama 1 tahun ke depan, 5 tahun ke depan dan seterusnya. Oleh konsultan atau coach yang memfasilitasi,
mereka diberikan pertanyaan - pertanyaan dengan beberapa pilihan jawaban tentang apa yang mereka harapkan dari perusahaan secara spesific, mulai dari berapa omset yang akan tercapai pada satu tahun ke depan, tentang seberapa banyak bagian produk yang akan ditambahkan pada portfolio produk mereka, hingga hal - hal detail seperti berapa prosentase sumbangan dari setiap divisi pada total omset yang diharapkan.

Semua pertanyaan dengan pilihan jawaban tadi, kami bantu siapkan dengan penggunaan alat voting berikut aplikasinya. Ketika pertanyaan tadi muncul, lalu, mereka menjawab dengan alat voting, tidak lama kemudian, muncullah hasil dari jawaban mereka dalam bentuk prosentase. Dalam kasus ini, pertanyaan seperti, berapa omset yang ideal dan menantang untuk bisa kita dapatkan selama 1 tahun ke depan, maka hasil jawabannya pun beragam. 50% peserta sepakat dan memilih omset akan naik 50% or more, 25% peserta sepakat dan memilih omset naik maksimal 25% dari saat ini, 15% menjawab omset cenderung stagnan, dan 10% menjawab omset akan naik 100%. Berdasarkan hasil jawaban inilah, konsultan melanjutkan presentasinya dengan memberikan gambaran tentang kondisi yang mungkin terjadi setahun ke depan secara global, dan setelah pemaparan ini, dilanjutkan kembali dengan pertanyaan yang sama, maka terjadi pergeseran jawaban peserta, dimana lebih dari 50% menjawab omset akan naik 100%. Mereka pun mengulangi pertanyaan dengan format yang sama, satu pertanyaan dilontarkan dengan beberapa pilihan jawaban, setelah itu, prosentase jawaban ditampilkan, baru setelahnya adalah konsultan akan menyampaikan gambaran versi mereka dan dilanjukan. 

Usai acara sambil beres beres, kami sempat ngobrol sekilas dengan konsultan tadi. Beberapa point penting yang kami dapatkan saat ngobrol adalah, dengan memberikan pertanyaan pada hal - hal yang terkait dengan perkembangan perusahaan, konsultan ini sebenarnya sedang mengajak direksi dan management untuk memiliki ownership pada perkembangan perusahaan. Point kedua, dengan memberikan pertanyaan tadi, lalu memberikan prediksi tentang apa yang mungkin terjadi setahun ke depan, dan mengulang lagi pertanyaan yang sama, konsultan ini juga ingin membuat persepsi yang sama dari direksi dan management, sehingga mereka punya kesamaan visi dan tahu akan bergerak ke mana untuk mengejarnya. Nggak ketinggalan, konsultan ini mengcopy semua hasil dari jawaban yang sudah diberikan pada saat presentasi tadi, untuk mereka buatkan summary berdasarkan meeting pembahasan strategi perusahaan ini. Hasil dari proses voting, bermanfaat untuk menjadi sumber referensi pada apa strategi yang akan dijalankan perusahaan ke depannya. 

Untuk menggunakan sistem yang sama, yang juga digunakan oleh perusahaan training, konsultan dan coaching pada event mereka, jangan sungkan untuk berdiskusi bersama kami guna membahas mekanisme dan hal - hal teknis tentang bagaimana alat voting ini bisa membantu. Hubungi kami pada nomor yang tertera di atas website ini. 

No comments:

Post a Comment